Wednesday, August 24, 2011

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI


Di awal kita akan membahas tentang Data.
Data dapat diartikan sebagai fakta maupun bahan-bahan keterangan yang dalam hal ini dapat disajikan dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasi-kombinasinya. Dari fakta-fakta ini akan terkumpul dan menjadi sebuah informasi.
Informasi merupakan sebuah kumpulan data yang memiliki makna di dalam konteksnya yang saling berhubungan dan telah disusun secara terstruktur sedemikian rupa sehingga dapat dicerna para pembaca. Namun sebalum informasi dapat dibuat, sebuah data (f
akta) harus diolah dalam tahap “Pemrosesan” terlebih dahulu. Semua data mentah diproses sampai akhirnya menjadi sebuah informasi yang benar.
Nah, informasi sendiri dapat bersifat perfect maupun non-perfect. Informasi perfect artinya informasi itu merupakan informasi yang benar-benar valid kebenarannya. Contoh: di akhir semester perkuliahan akan diadakan ujian akhir. Sedangkan informasi non-perfect artinya informasi yang belum jelas kebenarannya, apakah informasi itu benar apa tidak. Contoh: gossip, kabar burung, dll.
Informasi sendiri memiliki karakteristik, yakni:
1.      Tepat waktu (update)
2.      Akurat
3.      Mudah diakses
4.      Menghilangkan keraguan
5.      Berhubungan
6.      Berdasarkan fakta
Sedangkan informasi sendiri dapat di dapat melalu berbagai media seperti, pengataman lapangan (observasi), kejadian/event, media massa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll.
Setelah itu informasi yang akurat akan menyebar melalui berbagai media dan akan dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Di sini informasi-informasi tadi akan memberikan sesuatu yang baru terhadap pembaca informasi tadi yakni, Pengetahuan (knowledge).
Pengetahuan ini bisa didapat dari hasil membaca, memahami sebuah informasi yang baru saja diperoleh. Meskipun sedikit namun hasil yang diperoleh cukup memberikan pengetahuan terhadap hal-hal yang baru saja ditemui.
Hubungan yang didapat adalah: dari sebuah data yang diproses terlebih dulu sehingga menjadi sebuah informasi yang informasi tersebut dapat memberikan sebuah pengetahuan, dan dari pengetahuan yang telah diperoleh akan muncul sebuah tindakan yang akan dilakukan untuk memberikan sebuah keputusan yang tepat.
Untuk evolusi abad informasi sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu:
a.       Abad pertanian (tahun < 1800)
b.      Abad industry (1800 – 1957)
c.       Abad informasi (1957 – sekarang)
Sekarang kita lanjut ke teknologi.
Teknologi -seperti yang pernah saya dengar- merupakan sebuah ilmu dalam pengaplikasian pengetahuan-pengetahuan sains ke dalam sebuah aplikasi praktis atau dalam aplikasi bisnis maupun industry. Sedangkan teknologi informasi merupakan sebuah alat / fasilitas elektronik yang membantu melayani kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah seperti alat-alat elektronik yang ada disekitar kita seperti televise, hand phone, computer, dll.
Adanya teknologi informasi dikehidupan kita sangat diperlukan karena berbagai macam tuntutan, misalnya karena pengaruh globalisasi, tekanan persaingan bisnis dan sebagainya.

Ganti bahasan…… :-b
Sekarang pembahasan tentang Komponen-komponen Teknologi Informasi.
Dalam istilah teknologi informasi ada komponen-komponen yang diperlukan, yaitu Hardware, Software, dan Brainware.
Untuk hardware, dia merupakan komponen fisik / perangkat keras dari sebuah teknologi. Sedangkan untuk software, dia merupakan kumpulan item-item yang di dalamnya mengandung sebuah program, aplikasi, data, dokumen dan lain-lain yang sejenis. Dan brainware adalah komponen yang penting juga dalam menjalankan sebuah teknologi. Dalam hal ini identik dengan manusia.
Dalam penerapannya teknologi informasi terdapat dalam berbagai macam bidang. Contohnya:
a.       Industri
b.      Pendidikan
c.       Kesehatan
d.      Pemerintahan
e.       Hiburan
f.       Perbankan
g.   De eL eL.


sekian dari saya.

Nama       : Ahmad Khakim Amrullah
NIM        : 110533406962
Offering    : A, PTI 2011

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0 comments:

Post a Comment